Hampir 7 dari 10 pengguna Snapchat atau Snapchatters di seluruh dunia berencana untuk merayakan Hari Valentine tahun 2021 ini dan 63 persen berencana menjadikan Snapchat sebagai bagian dari perayaan.
Bagi mereka yang merayakan, 82 persen akan menghabiskan waktu untuk berkumpul dengan orang-orang penting dalam hidup mereka: pasangan mereka saat ini (40 persen di AS dan 38 persen di Inggris dan Norwegia), keluarga (24 persen di Meksiko dan 20 persen di AS dan Jerman), atau sahabat (32 persen di Indonesia dan 23 persen di Meksiko).
Biasanya, Snapchatters merayakan Hari Valentine dengan berkencan, baik berkencan di rumah maupun bertukar kartu atau hadiah
Terlepas dari semua ketidakpastian di tengah pandemi, sebagian besar berharap untuk tetap dapat menjalankan rencana serupa tahun ini, terutama di Australia (59 persen) dan Norwegia (58 persen), di mana COVID-19 cukup terkendali.
Perayaan dengan Kado
Snapchatters berencana untuk menunjukkan kepada orang yang tersayang bahwa mereka peduli dengan hadiah atau kencan.
Meskipun 22 persen pengguna Snapchat di seluruh dunia mengatakan bahwa mereka ingin memberikan sesuatu yang sederhana kepada orang tersayang, seperti kartu atau hadiah kecil, daya tarik dari hadiah yang lebih “tradisional” seperti cokelat atau bunga berbeda-beda di seluruh dunia.
Baca juga: Donald Trump Tidak Diizinkan Bikin Akun Twitter Lagi
Terlihat dari laporan, Snapchatters di Jepang lebih cenderung mengirim buket atau sekotak permen (45 persen) daripada Snapchatters di Prancis (8 persen).
Apapun yang mereka rencanakan untuk diberikan kepada orang yang mereka sayang. Pada tahun 2020, kata ‘bunga’, ‘kartu’, dan ‘cokelat’ melonjak pada minggu menjelang Hari Valentine, dan percakapan memuncak antara pukul 16.00 dan 20.00 pada Hari Valentine, saat Snapchatters menggunakan aplikasi untuk berbagi tentang hadiah yang mereka beli atau terima.
Tahun ini, banyak Snapchatter mencari cara paling aman untuk membeli kado – hampir seperempat Snapchatter di Brasil dan 2 dari 10 Snapchatter di Australia mengatakan mereka masih tidak yakin apakah mereka akan berbelanja online atau di dalam toko.
Meskipun membeli ke toko langsung tetap menjadi pilihan bagi banyak Snapchatters yang berbelanja hadiah, para pasangan kekasih di UEA kemungkinan besar memilih berbelanja kado secara online.
Situasi percintaan di seluruh dunia
Ada percikan cinta di tengah Snapchatters – hampir setengah dari Snapchatters di seluruh dunia mengatakan mereka sedang jatuh cinta, dan terlebih lagi di Norwegia (57 persen), Spanyol (56 persen), dan AS (55 persen).
Seperempat dari Snapchatters saat ini memiliki hubungan dengan seseorang, dengan pasangan paling banyak ada di Jerman (35 persen), Prancis (32 persen), dan Belanda (30 persen). Lalu, 40 persen lainnya mengatakan mereka lajang, dengan konsentrasi terbesar berada di Indonesia (62 persen) dan Brasil (53 persen).
Baca juga: 10 Smartphone Terkencang Januari 2021 Versi AnTuTu
Rata-rata, 1 dari 5 Snapchatters mengatakan bahwa mereka menggunakan aplikasi kencan, dan mereka berencana untuk makin sering menggunakannya menjelang Hari Valentine.
Meskipun banyak anak muda di seluruh dunia yang mungkin menemukan pasangan melalui aplikasi kencan, ujian kesuksesan yang sebenarnya adalah memindahkan percakapan ke platform yang lebih pribadi seperti Snapchat untuk mengenal satu sama lain.
Tidak semuanya berbentuk hubungan romantis
Bagi para Snapchatter, hubungan romantis belum tentu menjadi yang terpenting di Hari Valentine. Hubungan yang mereka miliki dengan keluarga dan teman sama berharganya.
Faktanya, 60 persen Snapchatters mengatakan persahabatan lebih penting bagi mereka daripada cinta, dan sentimen ini meningkat di Malaysia (79 persen), Spanyol (69 persen), India (67 persen), dan Indonesia (58 persen).
Snapchat adalah platform penting untuk menjaga hubungan mereka, dan hampir dua pertiga dari Snapchatters berencana menggunakan aplikasi di Hari Valentine ini untuk terhubung dengan orang-orang tersayang.
Secara khusus, mereka berencana untuk mengirim Snap ke teman-teman mereka (44 persen di AS dan 43 persen di Jerman), selfie dengan Lens atau Filter Hari Valentine (39 persen di Meksiko dan 33 persen di Brasil), memposting ke Story mereka (36 persen di AS), dan menggunakan Snapchat untuk tetap berhubungan dengan Valentine mereka (23 persen di Inggris dan 21 persen di Arab Saudi).