Platform komunikasi cloud global, Infobip, meluncurkan Moments sebuah hub omnichannel terbaru untuk membantu keterlibatan pelanggan sebagai solusi teknologi yang dapat membantu brand lebih memahami dan menjangkau konsumen.
Platform Moments ini hadir sebagai salah satu upaya penyesuaian terhadap ‘new normal’ dampak dari pandemi yang terjadi di seluruh dunia.
‘Moments’ menghadirkan tradisi mobile-first keluaran Infobip yang dapat membantu pemasar membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen melalui pengembanganan saluran komunikasi digital yang populer di dunia seperti aplikasi chatting(Whatsapp, Viber, Facebook Messenger, Line, KakaoTalk, dll) SMS, email, pesan suara, aplikasi ponsel, website, dan saluran yang baru muncul seperti RCS.
Melalui ‘Moments’, pemasar dapat meningkatkan interaksinya dengan pelanggan dan memberikan penawaran yang relevan lewat channel yang tepat.
Selain itu, juga membantu pemasar dan brand untuk membuat dan melaksanakan kampanye yang sangat efektif dan dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih dekat dengan menyediakan pandangan yang menyeluruh mengenai pelanggan serta menyatukan aplikasi komunikasi paling populer saat ini ke dalam satu platform.
Baca juga: Cara Buat Receiptify di Spotify, Lagi Viral Nih!
Hal ini membuat brand dapat menjangkau pelanggan mereka melalui saluran komunikasi pilihannya dengan konten kontekstual yang dapat membantu menghasilkan performa bisnis yang positif.
Platform ‘Moments’ juga mampu brands untuk secara proaktif memperbarui status pesanan pelanggannya.
Nofita Sari, Country Manager Infobip Indonesia, mengatakan dalam situasi yang tidak pasti seperti saat ini, masyarakat bisa menjadi cemas, bingung, dan dalam beberapa kasus sangat membutuhkan layanan tertentu.
“Situasi ini juga mempengaruhi cara brand berkomunikasi dengan pelanggan mereka. Mengelola pertanyaan dan harapan pelanggan, dan sekadar mengetahui pelanggan tidak cukup saat ini. Untuk memberikan layanan terbaik, brands perlu memahami dan berempati dengan pelanggannya, serta tetap terhubung melalui saluran komunikasi yang berbeda. Dalam situasi saat ini, manusia membutuhkan koneksi lebih dari sebelumnya,” ujar Nofita Sari.
Berikut fitur utama dan solusi di Moments:
Baca juga: Berapa Harga Vivo V20 dan V20 SE yang Diluncurkan 29 September 2020?
1. Manajemen kampanye lintas saluran yang mudah
Memungkinkan pemasar untuk membuat, mengatur dan menjalankan kampanye melalui porto folio channel yang luas dari Infobip hanya melalui satu interface.
Penyampaian pesan dapat dikirim dan diukur pada waktu yang tepat melalui saluran yang disukai dan paling relevan bagi pelanggan.
2. Data pelanggan terpadu
Membuat profil pelanggan yang lebih lengkap dengan menghubungkan dan menyatukan data dari berbagai sumber, memungkinkan bisnis untuk lebih memahami kebutuhan pelanggan dan membuat kampanye yanglebih personal.
3. Segmentasi audiens yang lebih cerdas
Personalisasi pesan kampanye dalam skala besar dengan menyegmentasikan audiens berdasarkan peristiwa, tags, perilaku, atau acara khusus.
4. Otomatisasi pemasaran dinamis
Kemampuan untuk mengaktifkan, dan melibatkan kembali konsumen melalui kampanye multistep yang otomatis, berdasarkan peristiwa dan perilaku pelanggan.
5. Analisis yang kuat
Melalui peristiwa dan analisa segmen, bisnis dapat mengoptimalkan interaksi pelanggan dengan menetapkan sasaran untuk melacak konversi dan mengakses laporan saluran berdasarkan wawasan.
Ada juga kemampuan untuk menguji pesan dan saluran mana yang mendapatkan hasil keterlibatan maksimum dengan pengujian A/B.