Sebagai salah satu perusaahan gaming ternama tampaknya Nintendo tidak ingin mengecewakan para penggemarnya. Pasalnya Nintendo baru saja mengeluarkan kebijakan untuk perbaikan gratis bagi setiap pelanggan yang mengalami permasalah pada Joy-Con di Nintendo Switch mereka.
Dilansir Kotaku, memo mengenai kebijakan ini mengatakan bahwa para pelanggan tidak perlu menunjukkan nota bukti transaksi maupun garansi dari produk tersebut.
Bahkan, bagi para pelanggan yang sudah terlanjur membayar untuk perbaikan Joy-Con tersebut dapat mengajukan refund asalkan ada bukti pernah dilakukannya perbaikan.
Baca juga : Google Stadia Bukan Netflix-nya Game
Permasalahan mengenai Joy-Con ini memang sudah lama diperbincangkan di berbagai media. Permasalahan yang dimaksud adalah saat dimana stick pengendali analog bergerak sendiri meskipun tombol tersebut dalam keadaan diam atau dikenal dengan ‘Joy-Con drift‘.
Permasalahan ini akhirnya meluas hingga dijatuhkannya gugatan hukum pada perusahaan Nintendo of America atas nama ribuan pelanggan.
Firma hukum Chimicles Schwartz Kriner & Donaldson-Smith mengajukan pengaduan dan mengatakan bahwa lebih dari 5.500 pemilik Joy-Con melaporkan permasalahan yang sama.
Baca juga : HP Kembali Gelar Omen Challanger Series 2019
Selain tentang biaya perbaikan dan refund, memo tersebut juga mengatakan bahwa petugas harus membantu pelanggan yang melaporkan permasalahan secara bertahap.
Selain itu, para petugas juga dilarang untuk membicarakan atau berkomentar mengenai gugatan yang diberikan kepada perusahaan mereka.
‘Joy-Con drift’ memang sedang ramai dibicarakan di forum Reddit. Ada lebih dari 25.000 laporan masalah Joy-Con nge-drift.
Hingga saat ini Nintendo of America belum memberikan komentar resmi baik mengenai gugatan yang dijatuhkan pada mereka maupun permasalahan Joy-Con ini. Jika ingin mengetahui lanjutannya pantau terus di Skyegrid Media.