Tahun 2020 ini menjadi tahun yang penuh tantangan. Yap, ini terjadi karena pandemi COVID-19 di seluruh dunia. Nah, Snapchat meluncurkan riset yang menunjukkan keinginan pengguna untuk liburan akhir tahun.
Dari riset ini menunjukkan 57 persen Snapchatters (pengguna Snapchat) secara global tidak sabar untuk memulai hari baru di 2021, termasuk 63 persen Snapchatters di Indonesia.
Hasil tertinggi ada di Brasil (73 persen) dan AS (72 persen). Untuk beberapa Snapchatters, liburan tahun ini bahkan menjadi lebih penting bagi mereka, dengan Spanyol yang memimpin tren ini pada 31 persen.
Tapi, pada kenyataannya merencanakan liburan di tahubn ini menjadi lebih sulit, terutama di Inggris (50 persen), Italia (49 persen) dan Spanyol (48 persen).
Snapchatters di Belanda (45 persen) dan Jerman (41 persen) kemungkinan besar akan melewatkan tradisi liburan favorit mereka karena mereka lebih memilih alternatif yang aman.
Di AS, 70 persen Snapchatters mengubah rencana liburan mereka akibat COVID-19, dengan 20 persen memutuskan untuk melakukan gathering secara virtual dan 21 persen bertukar hadiah secara physical distancing.
Lalu, 77 persen Snapchatters di Indonesia juga berencana untuk merayakan tahun baru di rumah sendiri atau di rumah kerabat terdekat.
Baca juga: Ini Syarat Ajukan Akun Centang Biru di Twitter Tahun 2021
Rencana travelling juga telah berubah tahun ini. Dari riset Snapchat ini para pengguna Snapchat harus mengutamakan kesehatan dan keselamatan masing-masing.
55 persen Snapchatters di Spanyol dan Italia, 54 persen di Jerman, dan 53 persen di Jepang melaporkan bahwa mereka tidak berencana bepergian pada musim liburan ini.
Pesta malam tahun baru kemungkinan ditiadakan tahun ini karena pandemi, dengan hampir 9 dari 10 Snapchatters (88 persen) akan menyambut tahun baru 2021 secara online dari rumah.
Tradisi liburan
Merayakan bersama keluarga dan teman, terlepas dari keadaan tahun ini, tetap penting bagi Snapchatters. Snapchatters masih berencana menikmati liburan dengan orang yang dicintai secara terbatas, dipimpin oleh Jepang dengan 72 persen, Norwegia pada 68 persen, AS pada 66 persen dan Belanda pada 58 persen.
Di Spanyol (70 persen), AS (69 persen) dan Belanda (67 persen), Snapchatters menanti film liburan dan acara TV special favorit mereka. Sementara, aktivitas outdoor musim dingin, seperti sledding dan api unggun, sangat penting di Norwegia (44 persen) dan AS (40 persen).
Memberi kado dan berbagi
Tahun ini juga merupakan musim untuk berbagi dalam berbagai bentuk. Snapchatters berencana membelanjakan biaya yang sama atau lebih untuk membeli kado tahun ini, terutama di Jerman (77 persen), Australia (72 persen), Inggris (71 persen), Norwegia (70 persen) dan AS (68 persen).
Sekitar 3 dari 10 Snapchatters di seluruh dunia berencana untuk membeli kado mereka awal tahun ini12, dan 19 persen berencana untuk membuat DIY dekorasi hadiah dan kartu.
Baca juga: Chipset Motherboard untuk Rocket Lake Meluncur Bulan depan?
Berbagai brand dapat membantu Snapchatters memamerkan kreativitas mereka dengan memberikan ide dan inspirasi untuk membuat DIY tersebut.
Berbagi adalah hal penting lainnya dan sebagian besar Snapchatters di negara yang disurvei melaporkan bahwa mereka akan memberikan jumlah yang sama atau bahkan lebih untuk berbagi tahun ini – dipimpin oleh Brasil (86 persen), Malaysia (84 persen) dan Indonesia (83 persen).
Cara untuk menikmati musim liburan ini secara kreatif
Ketika Snapchatters sedang tidak membuat kartu ucapan atau menonton film, Snapchatters cenderung untuk mengambil foto dan video selama liburan.
55 persen dari Snapchatters di AS berencana mengambil foto atau video tahun ini, diikuti oleh Inggris (51 persen) dan Belanda dan Spanyol (50 persen).
Mengambil foto atau video dengan efek digital sangat populer di Brasil (39 persen) dan Italia (37 persen),16 sedangkan Spanyol banyak menggunakan lens dan filter liburan (44 persen).
Aktivitas ini mendukung sisi kreatif Snapchatters untuk musim liburan 2020. Meskipun liburan tentunya sangat berbeda tahun ini, namun fokus pada keluarga, teman, dan awal yang baru pada tahun 2021 menyatukan Snapchatters di seluruh dunia, memberikan peluang untuk menambah engagement, komunitas, dan koneksi.