Smartphone NFC Murah FI

Solusi isi ulang uang digital ‘Murah Meriah’

Semua produk di daftar 5 Smartphone NFC Murah berikut, kebanyakan berasal dari kelas Premium pada zamannya loh. Ditandai dengan penggunaan SoC kelas flagship seri 800. Fitur NFC sendiri, umumnya juga hanya ada di smartphone kelas menengah atas.

 

  • Sony Xperia Z5

 

smartphone nfc murah - sony xperia z5 -SM

 

Mulai seri Z5 ini saya perhatikan pamor Xperia semakin meredup. inovasi yang dilakukan Sony nampaknya kurang diminat masyarakat global. Walau Xperia Z5 dibekali spesifikasi setara kelas flagship kala itu, namun design dan fiturnya tak lagi mampu bersaing. Berbeda cerita ketika harganya kini tinggal 900 ribuan.

 

Selain NFC, Xperia Z5 menawarkan kemampuan kamera yang sangat baik. Terutama untuk pengguna pemula, lewat fitur SuperAuto. Dengan SoC 810 dan GPU Adreno 430, game-game baru kelas AAA masih bisa dijalankan dengan sangat baik di smartphone ini.

 

  • Sharp Aquos SH-04H

smartphone nfc murah - Sharp Aquos SM

 

Smartphone ini juga hasil impor dari Jepang. Untuk SH-04H ini aslinya bundling dengan operator Docomo. Ada juga yang ex Softbank dengan seri SHV34 dan unit ex Au dengan seri XX3 506H. Karena kebetulan saya pernah menggunakan smartphone ini sebentar, sedikit banyak saya tahu kelebihan dan kekurangan Sharp SH-04H ini.

 

Untuk sebuah smartphone dengan spesifikasi snapdragon 820, layar IGZO 144 Hz dan kualitas sensor kamera yang cukup baik, harganya menurut saya, amat sangat murah. Hanya berkisar 800 ribuan untuk unit grade A+.

 

Baca juga: Review film Brightburn – Kekuatan Besar dalam Tubuh yang Labil

 

Tapi nampaknya Sharp kurang berhasil menciptakan solusi pendingin yang mumpuni untuk meredam keganasan Snapdragon 820 pada Sharp SH-04G ini. Banyak sekali yang mengeluhkan performance drop setelah panas yang mendera SoC. Tak hanya saat di ajak bermain game. Saat digunakan untuk merekam video secara simultan, terutama video 4K, smartphone ini juga terasa sangat panas.

 

  • Fujitsu Arrows NX F-02H

 

smartphone nfc murah - NX F-02H SM

Smartphone NFC Murah selanjutnya adalah, Fujitsu Arrow NX F-02H. Yup, merek yang satu ini sebenarnya cukup terkenal di pasar laptop beberapa tahun lalu. Tapi kini, seperti saudara setanah-air nya Sony Vaio, Fujitsu juga resmi menarik diri dari persaingan laptop global. Beberapa produk baru masih diproduksi, namun terbatas untuk pasar jepang.

 

Berbeda dengan produk laptop, produk smartphone keluaran Fujitsu masih diproduksi dan dijual dalam kuantitas yang cukup banyak. Memang, paling dominan penjualan secara kontrak dengan operator selular Jepang, seperti Docomo.

 

Nah, Arrow NX F-02H yang masuk pasar smartphone bekas Indonesia ini merupakan produk yang dirilis 2016 dan merupakan hasil upgrade dari kontrak lama ke kontrak baru, dari para pelanggan layanan selular operator Docomo.

 

Hasilnya, unit yang rata-rata masih layak pakai, di buang ke luar Jepang jika tidak ingin dihancurkan sesuai regulasi. NX F-02H adalah satu smartphone dengan NFC yang menawarkan spesifikasi sangat baik untuk harga 800 hingga 900 ribu. RAM 3GB, ROM 32GB dan dukungan OS 7.1 yang masih terbilang, layak pakai.

 

Selain NFC, Arrow NX F-02H juga menawarkan fitur keamanan Iris scanner sebagai pengganti fitur fingerprint scanner yang absen di seri ini. Dengan SoC snapdragon 808 dan Adreno, F-02H juga masih sangat mumpuni melibas game-game berat seperti PUBG Mobile.

 

 

  • Sony Xperia X Performance

 

smartphone nfc murah - sony-x-performance SM

 

Kontestan smartphone NFC murah selanjutnya datang dari Sony lagi. Xperia X performance merupakan seri penerus Z5 yang telah mendapat upgrade di sisi performa SoC-nya. Dari Snapdragon 810, menjadi Snapdragon 820.

 

Sekalipun menawarkan Snapdragon 820 yang terkenal panas, Xperia X Performace ini punya solusi sistem pendingin yang lebih baik dibanding Sharp. Dimensi dan bobotnya juga lebih ringkas. Tapi dari sisi fitur, Sony harus mengaku kalah pada Sharp. Terutama di sisi display dan GUI kamera.

 

Seri-seri Sony Xperia, banyak yang menawarkan fitur IP68 yang memungkinkan produk ini bisa dibawa berenang atau menjelajah. Tapi wajib kamu ingat, unit yang masuk ke Indonesia adalah unit bekas yang tidak lagi dijamin garansi. Jadi sebaiknya, tidak perlu menguji ulang kemampuan water resistent produk satu ini. Kecuali kamu nekat, dan tak perduli kehilangan uang sekitar 900 ribu rupiah.



 

  • Sharp Aquos SH-02H

 

smartphone nfc murah - Sharp Aquos SH-02H

 

Seperti halnya Sony, kontestan terakhir ini juga smartphone NFC murah buatan Sharp. Dilihat dari fisiknya, Sharp Aquos SH-02H ni coba menawarkan sales poin handling dengan dimensinya yang ringkas.

 

Untuk urusan spesifikasi, Sharp Aquos SH-02H menggunakan SoC yang lebih ‘tua’ dibanding SH-04H. Tepatnya, Snapdragon 808. Walau tidak sekencang 820, tapi pengguna bisa lebih merasa aman dari kemungkinan overheat. Dan tentunya harganya lebih murah. Cocok untuk kamu yang tak terlalu membutuhkan fitur highend seperti yang ada pada SH-04H. Untuk seri ini, nampaknya yang tersedia hanya keluaran Docomo.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment