Viu mengumumkan pencapaian pentingnya. Yap, selain meraih 45 juta pengguna aktif bulanan atau MAU (monthly active users) dan 5,3 juta pelanggan berbayar, Viu menduduki posisi teratas dalam kategori jumlah pengguna, serta peringkat kedua untuk pelanggan berbayar dan menit streaming di antara video streaming platform utama di Asia Tenggara.
Pencapaian Viu tersebut menurut laporan terbaru AMPD Media Partners Asia (MPA).
Pengguna berbayar Viu tumbuh 47 persen (tahun ke tahun) pada tahun 2020. Viu mencatat pertumbuhan yang tinggi dalam monetisasi dengan overall revenue naik 30 persen.
Pencapaian ini didorong subscription revenue sebagai pendorong utama yang meningkat 62 persen (tahun ke tahun).
Baca juga: Pengguna Vidio Meningkat 3 Kali Lipat di Tahun 2020
Viu juga mengungguli tingkat pertumbuhan pasar video OTT di kawasan Asia Tenggara dan Taiwan atau Greater Southeast Asia (GSEA) dengan pertumbuhan pendapatan 63 persen, dibandingkan pertumbuhan pendapatan di kawasan GSEA secara keseluruhan sebesar 17 persen, berdasarkan laporan MPA.
Pemimpin konten Asia
Engagement dan pertumbuhan Viu secara keseluruhan didukung beragam konten yang kuat, konten premium dari Asia serta produksi Viu Original yang sukses memenangkan penghargaan, seperti Pretty Little Liars, My Bubble Tea, dan The Bridge Season 2.
Viu merupakan pusat konten Asia, khususnya untuk konten Korea, termasuk drama-drama yang sangat digemari dan tayang secara eksklusif di Viu, seperti Mr. Queen dan True Beauty.
Keduanya merupakan drama peringkat teratas di Viu di kawasan Asia Tenggara saat ini. Drama populer lain yang juga memiliki performa sangat baik adalah The Penthouse, Alice, Tale of the Nine Tailed dan Lie After Lie.
Selain rekam jejak yang luar biasa pada konten Korea, serial Viu Original juga sangat disukai Viu-ers dan menduduki peringkat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa konten Viu Original memiliki performa sehebat drama-drama berlisensi dari pan-regional.
Baca juga: 6 Drama Tiongkok Terbaru yang Seru Ditonton saat Libur Imlek
Viu Original telah meraih total 33 penghargaan di Asian Academy Creative Awards 2020, termasuk Best Drama Series, Best Actress in a Leading Role, Best Cinematography, Best Direction (Fiction) dan Best Sound untuk Pretty Little Liars di Indonesia.
My Bubble Tea merebut Best Actor in a Supporting Role, Best Original Program dan Best Theme Song untuk Thailand serta The Bridge Season 2 memenangkan Best Actor in a Leading Role, Best Actress in a Leading Role dan Best Adaptation of an Existing Format untuk Malaysia. Pretty Little Liars
juga memenangkan Best TV Format Adaptation di Asia pada 2020 ContentAsia Awards.
“Pengalaman kami melalui engagement dan interaksi dengan Viu-ers di 16 negara sangat luar biasa dan telah membantu kami terus meningkatkan layanan. Kami berterima kasih atas dukungan Viu-ers dan sangat bersemangat untuk menghadirkan lebih banyak konten terbaik kepada mereka di tahun 2021,” kata Janice Lee, Chief Executive Officer Viu dan Managing Director PCCW Media Group.
Konten Korea terbaru pada Februari dan Maret
Viu siap merilis lebih dari 10 drama Korea menarik sepanjang Februari dan Maret 2021.
Di antaranya River Where the Moon Rises, The Penthouse 2, Times, Mouse, L.U.C.A: The Beginning, Dear. M, Great Real Estate, Summer Guys, Love Scene Number dan Breakup Probation, A Week.