YouTube

Pernah kamu bertanya-tanya berapa pendapatan yang diraih oleh YouTube? Sekarang pertanyaan tersebut telah terjawab karena untuk pertama kalinya.

 

Alphabet, perusahaan induk Google, telah mempublikasikan pendapatan YouTube di tahun 2019 melalui laporan pendapatan tahunan mereka. Pendapatan yang dihasilkan oleh seluruh iklan yang ada melampaui angka Rp204 triliun.

 

Dilansir dari Variety, pendapatan YouTube dua tahun sebelumnya adalah Rp157 triliun, lalu di tahun 2018 dan Rp111 triliun. Berarti pendapatan YouTube tahun 2019 berhasil mengalami peningkatan sebesar 36 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

 

 

Baca juga : Ini Tanggal Rilis Kingdom Season 2 di Netflix

 

Selain YouTube, Alphabet juga mempublikasikan laporan raihan dari Google Search dan Google Cloud.

 

Menurut laporan tersebut, keduanya menghasilkan uang sebesar Rp370 triliun  dan Rp35.5 triliun di kuartal keempat tahun 2019.

 

Secara menyeluruh pendapatan Alphabet mencapai Rp627 triliun pada kuartal keempat di tahun 2019. Angka tersebut berbeda tipis dengan prediksi Wall Street’s Journal yaitu Rp638 triliun.

 

Baca juga : Universal Picture Rilis Trailer F9 yang Memacu Adrenalin

 

Sundar Pichai, CEO Alphabet dan Google menggambarkan kepuasannya terhadap pencapaian tersebut.

 

“Saya sangat puas dengan perkembangan Search dan dua anak perusahaan lainnya. YouTube sekarang telah menghasilkan pendapatan tahunan US$15 miliar dari iklan dan Cloud sedang dalam perjalanan untuk mencapai pendapatan US$10 miliar,” kata Pichai.

 

 

Alasan YouTube dapat berkembang pesat secara garis besar dipengaruhi oleh kepopuleran streaming dan esport.

 

Di akhir Januari lalu, Activision Blizzard mengumumkan bahwa semua siaran eSports-nya akan ditayangkan secara eksklusif di platform YouTube. Artinya, beberapa game eSports papan atas seperti Overwatch dan Call of Duty hanya dapat kamu tonton lewat YouTube.